Rabu, 19 Januari 2011

Karna uang, tak selamanya terjun bebas dari dompet orang tuamu.

Sebelumnya saya mau kasih tau, ini adalah postingan pertama di blog ini yang tidak membahas band. Karena sepertinya karier band saya sudah tamat, pemirsa. Nantilah kita bahas itu, sya mau cerita..

Berawal dari pemikiran sederhana sebenarnya. Saya sudah mau selesai kuliah (siapapun yang abca ini, tolong aminkan. Tolong), dan sama sekali belum ada kegiatan yang sifatnya bisa mengisis waktu dan kantong pastinya. Dan sayapun mulai cari ide. Dapat uang dari mana? Ngepet? Ah jangan, nanti keasyikan dan lupa jadi manusia lagi. Curi motor? Saya kurang lancar bawa motor kopling. Copet? Futsal saja setengah jam hampir koma. Saya hampir putus asa.

Iseng – iseng berhadiah, saya baca koran. Liat – liat lowongan. Dan tiba – tiba..... tidak ada apa – apa. Yang dicari kebanyakan tukang pijit dan TKI sama supir truk. Ada juga yang cari guru TK, tapi harus perempuan. Masa harus operasi kelamin dulu sayanya?

Besoknya liat koran lagi. Jreng jreeeeng, sebuah majalah ternyata lagi mencari graphic designer. Buru – burulah saya gunting lowongannya, ketik CV dan cari beberapa portfolio yang pernah saya bikin. Senin 17 Januari 2011, saya kesana bawa CV dan lamaran.

Lucunya saya pikir bakal dihubungi besok atau besok atau besoknya lagi atau bahakan tidak dihubungi sama sekali. Eh taunya sorenya saya langsung ditelpon buat interview. Alhamdulillah, saya langsung cari kiblat dan sujud syukur. Sekalian sholat Ashar waktu itu.

18 Januari, interview. Ini pertama kalinya saya kesana dan tidak tahu harus naik angkot apa, naik becak sampai bayar 5ribu yabng ternyata kantornya sudah dekat. Iya, dekatnya seperti kamarku sama WC kamarnya maceku. Sang tukang becak tertawa licik saat itu. Saya ikhlas sambil itung – itung amal lah ceritanya.

“Syahrir, silahkan masuk” wajah tampan saya berkurang beberapa persen dengan kata – kata itu. Oke masuklah saya dan bertemu dengan seorang perempuan. Sepertinya dia dari HRD.

“Syahrir”

“iya mba”

“ini kerja pertama yah?”

“iya, ini pertama kali kerja digaji”

“oh sebelumnya pernah kerja tapi tidak digaji?”

“pernah, Cuma dapat makan siang. Tapi..”

Saya baru mau jelaskan kalo saya itu magang. Yaiyalah waktu itu tidak digaji. Tapi dia sudah terlanjur ketawa.

“Syahrir, kalau misalnya saya terima, kamu mau gaji berapa?”

*mikir : 2 juta? Ah mana cukup beli motor cash? 200ribu? Mending jadi tukang cuci motor. Ting, saya dapat angkanya.

“umm mbak, yang jelas diatas 300ribu lah”

Saya baru tahu, upah minimum itu sebenarnya 800ribu, eh saya minta diatas 300ribu. Ngakak lagi dia.

“Syahrir, disini upahnya ***ribu perbulan, mau?”

“mau!” mantap.

“Eh tapi ini belum tentu diterima loh ya, kamu masih mau kita test dulu”

*lemes*

Saya akhirnya dipanggil ke sebuah ruangan, disana saya dikasih tugas bikin panflet dengan bahan – bahan yang sudah disediakan, JPEG dan word nya sudah ada tinggal di desain. Saya yang memang manusia tidak mau susah, 3 menit udah jadi. Mereka heran dan bilang “iya nanti kita kabari”

Selama perjalanan pulang bahkan sampai kampus (waktu itu singgah dikampus dulu), saya mikir “aduh itu desain simpel skaaali, bagaimana mau diterima, nenek – nenek osteoporosis sambil main futsal juga bisa kerjain itu. Tapi ternyata Tuhan punya rencana lain.

Jam stengah 4 sore, masih dihari yang sama. Nada dering EfekRumahKaca – Kau dan aku menuju ruang hampa pun bunyi. Nomer rumah yang nelpon. Ga tau siapa.

“Pak Syahrir?”

“Iya Betul”

“Kami dari Majalah ******************, kami mau beritahu kalau bapak sudah bisa masuk kerja besok, jangan lupa bawa ijazahnya ya yang asli”

Alhamdulillah. Tuhan lagi sayang – sayangnya sama saya waktu itu. Saya hampir loncat dari lantai 2 jurusan tapi saya takut kalo mati yang datang ta’ziyah tidak ada.

Pulang kerumah ddengan sedikit bahagia. Sya bilang sama orangrtua kalo sudah dapat kerja, mereka juga ikut senang. Sebenarnya semua kesimpulannya Cuma satu. Itupun kesimpulan ini hanya buat segelintir orang yang mengorientasikan duit. Saya tidak mau munafik, tapi iya saya memang kerja buat cari duit. Masa kerja buat cari jodoh? Berpikirlah kalau uang itu tidak mungkin selamanya terjun bebas dari dompet orangtua ke dompetmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar