Rabu, 21 April 2010

Ganti vokalis, masihkah terasa sama??

Kalo yang diganti pemain gitar, drum, bass atau yang lainnya mungkin biasa saj, tapi gmana kalo sebuah band mutusin buat ganti vokalis?? hmmm pasti suasana akan terasa beda. Bahkan kita bisa saja terkecoh kalo itu bukan band baru.

Berikut adalah band - band yang udah pernah ganti vokalis di album mereka sebelumnya, dan ayo coba sama - sama kita lihat kerenan vokalis yang baru atau yang lama :)

1. Seventeen


Seventeen adalah grup band asal Jogja yang kini beranggotakan Bani (bass), Yudhi (gitar), Herman (gitar), dan Ifan (vokal). Dua album pertama band ini umumnya bergenre rock, namun sejak album ketiga, mereka berubah aliran menjadi pop abis.

Tahun 2008, Seventeeen kembali ramaikan industri musik Indonesia dengan formasi berbeda. Andi (drum) dan Doni, sang vokalis mengundurkan diri, Seventeen pun terpaksa mengadakan audisi untuk mendapat vokalis baru.

Ifan, pria asal Pontianak, direkrut sebagai vokalis baru. Karakter suara Ifan yang nge-pop sangat berbeda dengan Doni yang nge-rock. Jadilah album LELAKI HEBAT nge-pop abis.



2. KOTAK


Meskipun berat - tapi setelah memahami betul alasan Pare - ketiga personel Kotak lainnya merelakan Pare untuk keluar, akhir 2006 lalu. Posan, Ichez (yang sekarang diganti sama Chua), dan Cella nampaknya sadar - bahwa segala yang awalnya dipertemukan, pasti satu saat pun akan dipisahkan. Yang penting, bagi mereka - dan tentunya bagi kita juga - hidup harus terus mengalir......and the show must go on. Dan kesulitan lantaran Pare hengkang, toh terbukti melahirkan kesempatan- kesempatan bagus.

KOTAK akhirnya menemukan vokalis baru yang nggak kalah hebat ketimbang Pare - bahkan pada sisi lain punya kelebihan yang nggak dipunya Pare - dan vokalis baru KOTAK itu adalah: Tantri . Dan, terus terang Tantri bukan wajah baru buat personel KOTAK. Karena, Tantri melesat dari grup Ares yang merupakan kerabat dekat KOTAK. Tantri yang saat itu masih duduk di kelas 2 SMA, terkenal dengan kualitas vokalnya yang prima. Ia bisa begitu "dalam dan tebal" menyanyikan lagu bernada lembut tapi pada tempo lain bisa melengking membawakan nomor-nomor keras. Setelah cabut dari Ares, Tantri kemudian memutuskan bergabung dengan KOTAK, sejak awal Maret 2007 lalu.



3. KAPTEN


Satu lagi band jebolan Dreamband yang ganti vokalis, Kapten. Kapten adalah Grup Rock dengan penampilan panggung yang gahar, Stage act nya juga jempolan, bertenaga dan selalu menunjukan Best Perfoma yang unik. Sudah Tiga album yang diluncurkan, Pertama di album Kompilasi Dreamband delapan yang menyumbangkan hits DENGAR di tahun 2004,satu album dengan Kotak, Mata, Olief, Ize, Lima, dll. Kemudian tahun 2006 dibawah label EMI record pimpinan Arnell Affandy mengeluarkan album dengan lagu andalan LAGU SEXY dan mencapai hits.

Di album ini juga disisipkan lagu Pendendam yang menjadi soundtrack film Psikopat. Tahun berikutnya mengeluarkan lagi album MALAIKAT CINTA yang lebih easy listening dengan lagu slow rocknya “ malaikat Cinta .” Di tahun 2009, Kapten berubah Formasi dengan mengundurkan diri sang vokalis Ahmad Zaki yang memilih bersolo karier dan belakangan membentuk Grup band THE ZAKIES. Maka masuklah BANI sebagai Vokalis. Melengkapi kekuatan Kapten. Maka Formasi Kapten sekarang adalah PUPUN di Gitar, Bani di Vokal, Arief di Bass, Qwee di Drum. Dengan Pormasi baru ini Kapten bangkit kembali dengan semangat bermusik baru dan siap meramaikan lagi blantika musik Indonesia, Pasukan kapten adalah nama buat fans kapten.



4. Garasi



Garasi yang menggebrak lewat film mereka dengan judul yang sama 'Garasi' juga harus rela melepas vokalisnya, Aiu Ratna. Alasannya ingin lebih menekuni solo karir.

Tidak putus asa, Fedi Nuril akhirnya menggaet Milly Sekarsari yang dulunya bukab ber background anak band, melainkan adalah finalis None 2008, namun menurut Fedi gaya nyanyi Milly sesuai dengan karakter yang Garasi cari. Mereka pun siap merekam album baru dengan vokalis baru yang cantik dan garangnya ngga kalah sama Aiu.



5. Keyla


Setelah menemukan nafas barunya dengan kedatangan vokalis baru, Keyla Band kembali menghentak industri musik tanah air. Keyla hadir dengan album baru mereka yang merupakan album kedua dari band tersebut.

Kehadiran Rei, sebagai vokalis baru membuat band ini lebih bergairah. Mereka pun mengubah konsep musik yang selama ini mereka usung. Tak hanya itu, di album barunya ini, Keyla juga tampil lebih elegan dengan memberikan warna tersendiri.



6. Killing Me Inside


Killing Me Inside malah lebih unik. Setelah Sansan keluar karena lebih memilih fokus di PeeWee Gaskins, Onad yang menjadi leader band ini yang dulunya bassist angkat tangan dan mengajukan diri jadi vokalis Killing Me Inside yang baru. Maklum, Onad memang sebelumnya menjadi backing vocal scream nya Killing Me Indide. Walaupun banyak yang bilang vocal Sansan belum bisa tergantikan, namun Onad Punya khas sendiri dalam membawakan lagu - lagu Killing Me Inside yang lain.



7. Jamrud


Akhirnya band rock papan atas Jamrud memilih vokalis baru sebagai pengganti Krisyanto. Yang terpilih adalah vokalis Black Angel dari Jambi, JAJA AMDONAL atau biasa dipanggil Donal.

Yang mengejutkan, band ini adalah semi finalis Gudang Garam Rock Competition (GGRC) 2007. Band ini tereliminasi dari Semi Final GGRC di Cimahi karena terlambat menunjukkan aksi panggung alias terlambat tampil. Donal juga punya suara yang khas dan serak - serak, sama seperti suara Krisyanto. Bukan hanya vokalis, Jamrud juga mengganti hampir semua personelnya.



8. DEWA 19


Yup, Dewa juga ikut ganti Ari Lasso yang waktu itu bermalasah karena kesandung kasus narkoba. Ari Lasso juga ngerti kalo dia udah ngga pantas di DEWA yang dulu jadi icon anti narkoba. Akhirnya Ahmad Dhani merekrut Once Mikel untuk gantiin Ari, dan absolutely suaranya ngga kalah dari Ari.




Itulah delapan band yang setahu saya sudah ganti vokalis, sekarang tinggal kita yang menilai, apakah kita masih suka dengan vokalis yang lama, atau lebih enak dengan vokalis baru?

Sebenarnya ada juga band yang vokalisnya sudah out namun tetap manggung sambil nyari vokalis baru, sebut saja Naff yang ditinggal Adi, dan tetap manggung pake vokalis audisi, dan

Selain itu, ada juga band yang vokalisnya out, tapi penggantinya belum didapat. Misalnya Kerispatih yang masih pake Badai buat gantiin Sammy yang masuk penjara karena narkoba (walupun tetep bikin audisi nyari vokalis baru) dan Naff yang sejak kepeninggalan Adi tetap manggung pake additional vocal player.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar