Senin, 19 April 2010

Mereka yang membawakan lagu recycle

Lagu recycle (daur ulang) adalah lagu - lagu lawas yang sempat dinyanyikan pada puluhan tahun silam dan hits, kemudian dibawakan kembali dengan gaya musik band masing - masing. Memang terkadang lagu recycle menjadi salah satu senjata pamungkas untuk membuat band mereka melejit kembali. Namun disisi lain, terkadang orang - orang juga berpikir bahwa ide me-recycle lagu tempo dulu itu membuat band itu seakan - akan sudah kehabisan materi lagu. Tapi semuanya kembali lagi ke kita, tergantung bagaimana cara kita menikmati lagu recycle mereka.. :)

Berikut akan saya paparkan beberapa band yang lumayan melejit dengan lagu recycle nya, berhubung lagu tersebut booming di era-nya..

1. J-ROCKS - Madu dan Racun (Gombloh)
Lagu ini memang lagu saaangat tua dan lama. Lagu itu top pada tahun 1985 dan usut punya usut, ternyata lagu ini hanyalah sekedar lagu 'iseng' yang ngga sengaja dibikin. Hebat kan?

Nah sekarang J-Rocks kembali mendaur ulang lagu itu. Aransemennya berubah 99% dengan tema rock yang lebih kental, temponya naik, dan pasti bikin jingkrak - jingkrak. Intinya J-Rock membawakannya semakin atraktif. Permainannya bikin orang tua jaman dulu ngga nyangka kalo lagu Gombloh ini bisa diaransemen sedemikian rupa ama J-Rocks.

2. Rocket Rockers - Pesta (Elfa's Singer)

Siapa bilang RR (Rocket Rockers) ga bisa nge aransemen lagu temp dulu? buktinya lagu elfa's singer yang judulnya 'pesta' ini sukses digarap dengan sempurna. RR yang punya aliran pop punk yang lebih soft membuat lagu ini lebih enak di dengar.
Belum lagi vocal Ucay yang khas, bikin kita pengen ngebawain lagunya dengan gaya nyanyi Ucay. Intinya, RR bener - bener ber 'pesta' dengan lagu ini. Ditambah efek - efek synth yang bener - bener bikin lagunya tambah hura - hura.



3. Sheila on 7 - Bunga di Tepi Jalan (KoesPloes)
Yang ini paling saya suka. Sheila on 7 juga ngga mau kalah dalam ngebawain lagu lawas. Dan lagu yang mereka pilih adalah Bunga di Tepi Jalan nya KoesPloes.
Emang di lagu ini komposisi lagu ngga banyak berubah, Eross dkk tetep ngebawain lagu ini dengan versi slow mereka yang simpel dan easy listening. tidak terlalu banyak berubah tempo, tapi cara Duta bawa lagu ini soft sekali dan penuh penghayatan. Ini lagu yang wajib didengar menurut saya.


4. Peterpan - Kisah Cintaku (Alm.Chrisye)
Lagu Kisah Cintaku punya Almarhum Chrisye ini betul - betul jadi favorit orang - orang. Peterpan sukses bawainnya dengan gaya mereka sendiri. Lagu ini emang hits dari jaman Chrisye nya, ditambah lagi yang bawain Peterpan dengan fenomenanya tersendiri. Namun satu kelemahan besar lagu ini (walaupun bukan masalah lagunya), banyak yang menilai video klip yang Peterpan bikin tidak sesuai dengan harapan dan tema lagunya. Tapi diluar itu semua, Peterpan berhasil membuat khalayak mengingat jasa - jasa Alm. Chrisye atas semua karya - karya emasnya.

5. Angkasa - Jangan Ada Dusta Diantara Kita (Broery Marantika)
Ini adalah lagu favorit Ayah saya. Lagu ini pernah hits tahu 90-an yang dibawa Broery dan Dewi Yull. Angkasa tidak mau kalah, mereka menggarap lagu ini untuk kembali mencuri perhatian publik. Vokalis Angkasa punya ciri khas sendiri waktu bawain lagu ini. Suaranya yang serak - serak dan rada melayu bikin lagu ini sedikit berbeda, apalagi dulunya yang bawain lagu ini bukan badn, tapi duo.
Walaupun tidak terlalu sesuai harapan, yang jelas Angkasa kembali bikin Ayah saya nyanyi lagi dengan versi baru lagu ini. Haahaha.



Nah, itu tadi beberapa band yang kembali mengangkat lagu - lagu lawas yang sempat jadi top chart di tahunnya dan kembali dibawakan dengan cara mereka masing - masing. Menurut saya kalian wajib mendengar versi baru dan lamanya, untuk menilai seberapa jauh perbedaan dari segi kualitas, komposisi, dan gaya main yang dipakai. Serta kalian juga bisa nilai sendiri, apakah lagu recycle itu merupakan sarana pendngkrak popularitas atau memang tulus untuk mengangkat lagu - lagu fenomenal ini kembali ke permukaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar